Rabu, 03 Juni 2015

Cara Buat Jam Digital Dinamis pada Form Ms Access 2007

Membuat jam digital otomatis pada sebuah form Access 2007 membutuhkan sedikit pemprograman VBA,  tetapi tidak terlalu sulit. Bagi kawan yang belum terlalu akrab dengan hal ini, akan saya coba menjelaskannya langkah demi langkah.
Tujuan dari tips atau tutorial ini adalah untuk menambahkan sebuah jam digital yang dinamis yang selalu update tiap detiknya.
Caranya adalah:
  • Buka sebuah form, form apa saja, dan tambahkan sebuah unbound text box;
  • Buka jendela properties untuk text box tersebut;
  • Klik pada tab ‘Format’ dan ganti formatnya menjadi ‘Long Time’;
  • Kemudian, klik pada tab ‘Other’ dan ganti ‘Name’ untuk text box tersebut menjadi ‘txtClock;
  • Lalu, klik pada tab ‘Data’ dan isi pada ‘Control Source’ dengan ‘=time()’;
Sekarang, jika sobat membuka form tersebut dengan Normal view maka pada unbound text box tersebut akan muncul waktu saat ini. Tetapi, jika sobat membiarkan form tersebut terbuka, jamnya tidak berubah (selalu sama seperti pada saat form tersebut dibuka walaupun sudah berlalu berjam-jam). Mari kita selesaikan masalah ini.
  • Buka kembali form sobat dalam mode Design view dan buka jendela properties untuk form tersebut (bukan properties untuk text box jam);
  • Klik pada tab ‘Event’ dan scroll down sampai sobat menemukan dua item ini: ‘On Timer’ dan ‘Timer Interval’
  • Set Timer Interval menjadi 1000;
  • Kemudian, letakkan kursor pada kolom ‘On Timer’ – akan muncul tombol dengan gambar 3 titik.
  • Klik tombol tersebut;
  • Pilih ‘Code Builder’ dari popup yang muncul dan klik OK untuk menutup jendela popup sekaligus membuat Subprocedure.
Jendela VBA akan terbuka dengan 2 baris kode di bawah:

Private Sub Form_Timer()

End Sub


Di antara 2 baris kode tersebut tambahkan kode di bawah:

Me.txtClock.Requery

Tutup jendela VBA dan buka form sobat dalam Normal view.
Sobat telah menyelesaikan membuat jam digital dinamis pada form Access 2007…. Selamat, Jam digital sobat sekarang akan aktif .

Download Contoh Jam Digital Dinamis.

Sumber: http://www.simply-access.com/Adding-a-Clock-to-a-Form.html

Jumat, 06 Februari 2015

Cara Buat Form dan Tombol Import Sederhana (Access 2007)

Sebenarnya Microsoft Access sudah menyediakan fasilitas impor file pada menu bar default-nya. Tetapi kita dapat membuat form dengan tombol IMPOR FILE sederhana sendiri dengan maksud mungkin untuk memudahkan user yang belum familiar dengan menu bar default Access. Seperti gambar di bawah:


Caranya adalah:
  1. Klik "Create" -  "Form Design".
  2. Non aktifkan "Use Control Wizard" pada menu bar "Design"


  3. Tambah tombol dengan cara klik "Button"
  4. Klik kanan  pada tombol yang baru kita buat, kemudian klik "Built Event"


  5. Klik "Macro Builder" pada Pop Up Box yang muncul


  6. Pilih "RunCommand" pada kolom "Actions" dan pilih "ImportAttachExcel" pada "Argument" (pilihan jenis file yang dimpor bisa disesuaikan sesuai keinginan).


  7. Selesai.

Selamat mencoba..
Download contoh Form Impor Access klik di sini.

Selasa, 03 Februari 2015

Cara Menghilangkan Security Warning di Bawah Menu Bar Microsoft Access 2007

Halo Semua..
Adakalanya kita merasa terganggu dengan munculnya Security Warning di bawah menu bar ketika membuka file Microsoft Access. Sehingga ada beberapa perintah macro yang tidak dapat berjalan sesuai yang diinginkan. Seperti gambar di bawah:


Sebenarnya ini adalah demi keamanan user sendiri.
Namun kita dapat menjalankannya dengan cara mengklik tombol option, menceklis Enable this content check box, kemudian klik OK.
Dalam beberapa kasus mungkin kita berpikir: "Saya tidak ingin melakukan hal ini setiap kali membuka database. Saya ingin yang otomatis." Nah untuk itulah penulis ingin share bagaimana caranya agar setiap kali membuka file database access kita dapat langsung menggunakan seluruh perintah-perintah yang ada tanpa harus meng-enable-kannya terlebih dahulu secara manual. Tetapi perlu diketahui bahwa Enabling This Content yang akan dibahas pada postingan ini hanya berlaku pada folder yang kita tentukan saja. Di luar folder tersebut tetap akan berlaku sesuai dengan settingan default Microsoft Access.

Caranya adalah:
Klik tombol Microsoft Office di pojok kiri atas jendela Access, kemudian klik Access Options. Klik Trust Center di panel sebelah kiri, lalu pilih Trust Center Settings. Kemudian klik
Trusted Locations pada panel sebelah kiri, kemudian anda akan melihat dialog box seperti gambar di bawah:


Pada Trusted Locations, anda dapat menentukan FOLDER yang mana nantinya seluruh file Access di dalamnya akan berjalan tanpa pesan Security Warning atau dengan kata lain seluruh perintah yang ada pada file-file Access tersebut akan secara otomatis aktif. Caranya:
  1.  Klik Add new location.
  2.  Tentukan foldernya.
  3. Jika anda ingin, tentukan juga bahwa Subfolder yang ada di dalamnya berjalan tanpa Security Warning dengan menceklis box yang ada.
  4. Jika anda ingin mensetting Trusted Location juga berlaku pada jaringan anda, ceklis Allow Trusted Locations on my network.
  5. Masukkan deskripsi alakadarnya kemudian klik OK.

Sekarang anda hanya tinggal memndahkan file-file Microsoft Access yang anda inginkan ke dalam folder yang sudah ditentukan tadi. Selamat mencoba...

Lihat sumber aslinya di sini

Jumat, 16 Januari 2015

Fungsi If pada Microsoft Access

Halo semua..
Pada postingan ini saya ingin share pengalaman saya tentang "fungsi if" pada Microsoft Access.
Sebelumnya saya akan bagi dulu, apa itu "fungsi if" dalam microsoft excel.
"Rumus IF merupakan salah satu fungsi paling umum yang digunakan dalam Microsoft Excel. Fungsi IF atau yang juga bisa diartikan “jika”, digunakan untuk mengecek suatu kondisi. Apabila kondisi terpenuhi maka fungsi akan mengambil suatu nilai, dan sebaliknya apabila kondisi tersebut tidak terpenuhi maka akan diambil nilai yang lain. dengan kata lain, fungsi IF disebut fungsi syarat. Jika suatu nilai mempunyai syarat dan dapat bernilai benar apabila syarat terpenuhi serta bernilai salah jika syarat tidak terpenuhi." (rumuslengkap.com).

Sintaks dasar "fungsi if":
IF(logical_test_value,value_if_true,value_if_false)

Ok. Saya tidak akan panjang lebar mengenai "fungsi if" dalam excel. Langsung saja, untuk microsoft access kita hanya tinggal mengganti "if" dengan "iif" (dengan double "i") menjadi:
IIF(ekspresi logika,nilai jika benar,nilai jika salah).

Jika ingin contohnya, silahkan download di sini.

Selamat mencoba, dan terus berkreasi.
Salam.

Rabu, 14 Januari 2015

Fungsi CountIf Pada Microsoft Access

Halo semua..
Pada postingan kali ini saya memberanikan diri untuk share pengalaman saya pada saat ngutak-ngatik report pada Microsoft Access.
Saya teringat pada waktu itu diminta untuk membuat aplikasi sederhana untuk Data Induk Siswa di sekolah. Setelah lama berpusing-pusing ria dengan Access, klek, pekerjaan saya terhenti ketika harus membuat "jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin".
Saya tidak akan kesulitan jika yang saya gunakan adalah microsoft excel, karena saya bisa menggunakan fungsi "countif" untuk mencari data tersebut. Tetapi sekarang yang saya gunakan adalah microsoft access yang notabene agak berbeda dalam penerapan fungsi-fungsinya.
Lalu mulailah saya browsing sana-sini di internet. Namun tutorial yang muncul banyak yang di luar harapan, mulai dari produk dalam negeri maupun produk bule. Akhirnya setelah coba fungsi ini-itu, saya ketemu dengan fungsi "Count(IIf([kolomjeniskelamin]="L",1,Null))" untuk jumlah siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan "Count(IIf([kolomjeniskelamin]="P",1,Null))" untuk jumlah siswa yang berjenis kelamin perempuan. Lalu jreng ajaib
"jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin" sudah saya dapatkan. Bagi yang berminat silahkan dicoba-coba. Tapi tolong jangan minta penjelasan detailnya karena saya awam soal fungsi-memfungsi, hehe. Tapi barangkali dari mastah-mastah ada yang mau berbagi ilmunya silahkan share di kotak komentar.
Ok, saya kira cukup, mudah-mudahan bermanfaat, tapi seperti biasa saya murni hanya sharing pengalaman saya pribadi, dan tidak bertanggung jawab jika terjadi kerugian akibat kesalahan posting. Terima kasih atas kunjungannya dan.. Teruslah berkarya. Salam.